Selasa, 22 Maret 2011

WikiLeaks ??

Jujur neh bro, ini bukan tulisan gw, hanya nyatut dari Kompasiana  Dan yang jadi daya tarik gw adalah tentang si penulis yang mengambil pola pemikiran tentang si WikiLeaks tsb, pendapatnya bener juga sih menurut gw, berikut hasil copasnya :


WikiLeaks sendiri membuat saya bingung. Bagaimana mungkin negara sehebat Amerika yang memilki tingkat enskripsi tinggi dapat dijebol oleh WikiLeaks. Ok gini aja deh.. Anggap yang membobol dokumen negara adalah seorang hacker yang sangat hebat. Tapi jika dipikir lagi apa mungkin Amerika yang sudah mengetahui kebocoran data tidak segera bertindak? Apa mungkin Amerika hanya melongo saja ketika tahu dokumen2nya dijarah?

Saya rasa tidak. Oke katakanlah dokumen berhasil bocor sudah barang tentu Amerika akan cepat bertindak dan mencegah kebocoran dipublikasikan. Dan hal yang lebih aneh lagi adalah kebocoran dokumen-dokumen ini terjadi berulang-ulang. Apa mungkin Amerika memiliki pertahanan yang buruk terhadap hacker?
Kalo pandangan saya pribadi adalah, kebocoran ini memang disengaja dan dinikmati oleh sipembuatnya. Setidaknya kebocoran ini telah memukul telak negara-negara Timur Tengah, China dan beberap negara lainnya. Contohnya adalah adanya dokumen yang bocor mengenai permintaan Arab Saudi kepada pemerintah AS agar menyerang fasilitas nuklir Iran. Saya yakin jika Iran bodoh akan percaya dengan hembusan bocoran dokumen ini.

Juian Assenge saja masih bisa hidup bebas. Seharusnya jika benar Julian adalah yang membocorkan rahasia negara pastilah agen CIA akan segera melenyapkannya tanpa jejak seebelum bocoran jatuh ketangan publik. Apa AS begitu bodoh?

Ingat hanya ada satu negara yang tidak merasakan bocoran WikiLeaks ini. Dan negara tersebut adalah ISRAEL. Israel sama sekali tidak terkena dampak dari bocoran WikiLeaks. Bahkan Israel lebih banyak untung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar