Rabu, 11 Januari 2012

Dibalik Mobnas Rakitan SMK??

Barusan lihat berita di stasiun tv lokal, ada mobil pick-up rakitan SMK di surabaya, mereka mengakui kalo seluruh part di datangkan dari China dalam keadaan terurai. Jadi kepikiran mobil kiat esemka yang sebelumnya sudah terendus mirip dengan model mobil china Foday.

Hal menariknya adalah, apakah ini strategi pabrikan china masuk pasar lokal? Mengingat pabrikan yang dah masuk seperti Geely dan Foton, gaungnya ga terlalu keliatan. Mungkin ini strategi pabrikan China lainnya yang ingin masuk ke pasar lokal tapi ga pake brand sendiri, mengandalkan brand lokal seperti kiat esemka dan lainnya dengan embel-embel mobnas. Tau sendiri kan katanya setelah kiat esemka dipake walkot solo, orderannya nyampe ribuan!!!! Ckckckck, bandingkan deh dengan Geely dan Foton.

Oh…., kalo memang seperti itu keadaannya, cerdik sekali strateginya, dengan investasi yang hampir nol (tanpa pabrik dan showroom dealer) pabrikan china tersebut bisa masuk dan mengail pasar lokal yang menggiurkan. Saya pribadi, so sad to post this, :( .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar