Selasa, 08 Maret 2011

Silat di TV ada apa?

Baru-baru ini ada fenomena menarik yang gw liat di seni beladiri tradisional Indonesia yaitu "Silat". muncul di beberapa TV swasta dengan jorgannya sebagai silat tradisional, kesan yang gw tangkap adalah ada dua jenis silat saat ini, silat modern dengan perguruan yg sudah modern seperti Merpati Putih, Tapak Suci dll, dan ada juga silat Tradisional yang organisasinya umumnya tidaklah selengkap yang modern.

Biasaya silat tradisional ini memang masih bersifat kekeluargaaan, bahkan tanpa organisasi yang baik, tapi sistem pengajarannya masih Murni dan jurusnya mematikan. sehingga silat tradisional "Tidak" Bisa di pertandingkan.

Fenomena kemunculannya di TV memang di usung oleh beragam komunitas yang ada, cuma bagi gw kok silat yang tua dan tradional ini malah di jual bebas kayak gitu, sehingga terkesan di jual murah, padahal ilmunya sangat mahal. dahulu Silat Tradisional sangat exlusive dalam artian terbatas, sehingga kalo mau belajar amat lah susah.

memang tidak mudah mengelola silat tradisional ini, bila tidak di lindungi maka punah, bahkan ada suatu negera yang mematenkan silat tradisional Indonesia ini di USA oleh sekelompok orang disana. tapi sekali lagi krn kesadaran kita memang kurang di patenkan di Luar negeri pun kita juga ngga peduli.

Intinya sih saat ini bagi gw, biarkan silat berkembang dengan semestinya:) biarkan dia mandiri. kita cukup mensupport DANA kalo bisa. Dari pada hanya di Seminarin dikampus2 yang untung malah mahasiswa yang seharusnya mahasiswa yang dateng ke guru2 tua tsb, bukan sebaliknya seperti ini. toh malah jadi tontonan dan hiburan semata.

Dengan Catatan ini gw liat dari sisi bukan sebagai pesilat, krn gw ikut silatpun duluuu banget hehehe. meliat dari box lain kata temen gw.




Ares

Tidak ada komentar:

Posting Komentar